buku

Baca Buku dari Google Play Books

Pagi ini mau cerita tentang ke-baru-tahu-an-ku pada Google Play Books, aplikasi bawaan Google, bagi yang handphonenya android, yang warna biru segitiga ada gambar bukunya. Yang selama ini selalu aku disable karena menuh-menuhin memori hp 😆

2018googleplaybooks

google play books

Jadi ceritanya waktu itu aku lagi ngikutin vlog seseorang tentang kebiasaan produktif gitu, dan disitu dia bilang salah satu cara mengisi waktu yang sekaligus merefresh otak akan pengetahuan baru adalah dengan rutin membaca buku (kalau dia prefer mendengarkan, kayaknya memang ada e-book di luar yang sekaligus ngasih audionya gitu).

Lalu, iseng langsunglah aku cari buku di playstore, dulu banget kayaknya pernah lihat ada yang jual e-book gitu. Terus aku coba cari salah satu buku Pramoedya, karena aku lumayan familiar, terus ternyata ada sampelnya gitu, jadi kira-kira kita dikasih 70an halaman yang bisa dibaca gratis. Penampakannya seperti ini.

0

e-book di google play store

Dan demi apapun aku baru tau kalau yang dimaksud e-book dari buku ini bukan file berekstensi .pdf seperti file-file paper 😆 Jadi si aplikasi Google Play Books inilah yang digunakan untuk membuka e-book yang kita beli dari play store. Jadilah ada beberapa fitur yang bikin sensasinya kayak baca buku beneran. Seperti swap pages yang kayak ada efek ngebalik lembaran buku, bookmark untuk pengganti pembatas buku, terus ada highlight warna-warni pengganti stabilo (walaupun kalau ini buku beneran kayaknya gak mungkin aku mau stabiloin), terus ada juga night mode yang ngerubah warna background jadi kekuningan kalau jam sudah menunjukkan waktu malam hari. Dan di akhir halaman sampel, tibalah kita diiming-imingin buat beli bukunya kalau mau lanjut baca haha.

2018googleplaybooksSample

fitur bookmark, highlight, dan halaman akhir sampel

Setelah selesai baca sampel dengan cepat, sempat galau sekitar seminggu, akhirnya atas support suamiku aku beli juga buku Pramoedya ini, yang judulnya Bumi Manusia. Pertimbanganku untuk beli e-book perdanaku ini ada beberapa:

  • harganya jauh lebih murah ketimbang buku asli, buku asli 2x lipat gitu
  • repot bawa buku tebel, karena mobilitas Klaten-Jogja hampir tiap hari
  • kecil kemungkinan ketinggalan di rumah, jadi nggak kagol keputus ceritanya
  • nggak suka diliatin orang lagi baca buku, lebih secure diliatin mainan hp hahaha…
  • bisa lanjutin baca ketika nunggu, ketimbang scroll2 timeline gak jelas

Dan pagi ini…jengjengjeng..akhirnya aku dibeliin suamiku buku ini. Belinya pakai semacam e-money nya google buat beli-beli di playstore, apa ya namanya, bisa beli di indomaret juga ada macem-macem pilihan harganya. Nah kebetulan pagi ini kami nggak beli di indomaret tapi pilih pakai gopay, karena ada cashback yang lumayan bisa buat go ride suami ke kantor hehe. Step-stepnya beli buku nya kira-kira di gambar ini:

2018googleplaybooksBuy

input kode e-money nya google play store yg udah dibeli pakai go-pay, saldo bertambah, beli e-booknya, e-book sudah tersimpan di library google Play Books yeay!

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s